Beranda Bisnis Cara Bernegosiasi yang Benar dan Baik

Cara Bernegosiasi yang Benar dan Baik

Cara Bernegosiasi yang Benar dan Baik – Dalam jual-beli tak lepas dari yang namanya tawar menawar, yang mana praktek seperti itu disebut dengan istilah negosiasi anatara pembeli dan penjual, sehingga sampai pada yang namanya traksaksi.

Pada pemabahasan kali ini Aziendar akan berbagi cara negosiasi yang benar dan baik dalam membeli, menawar, dan ata bertransaksi. Sehingga apa yang Anda inginkan lebih mudah didapat dari tangan penjual. Syukur-syukur dapat potongan harga yang lumayan lah.

Cara atau teknik bernegosiasi yang benar dan baik akan dibagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut:

  • Melihat kualitas barang
  • Membuat penawaran
  • Menentukan harga
  • Membuat kesepakatan
  • Melakukan transaksi

Melihat kualitas barang

Cara ber-negosiasi yang benar dan baik
Qulity check

Ketika ingin membeli barang/produk hal yang harus dilakukan pertama kali adalah melihat kualitas barang yang ingin Anda beli. Baik dan buruknya kualitas nantinya bisa berdampak pada nilai jual barang itu sendiri. Kecuali untuk beberapa produk baru seperti smarphone, komputer, dls, itu tidak wajib. Cara yang baik dalam melihat kualitas barang yang hendak Anda beli adalah dengan mengeceknya langsung, baik dari sisi luarnya ataupun kualitas di dalamnya.

Lakukan pengecekan secara detail dan menyeluruh. Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan dari barang tersebut kepada penjual. Misal; kelebihan, kekruangan, dan apa keuntungan ketika Anda membeli barang itu. Setelah Anda mengetahui kualitas dari barang ytersebut maka tahap selanjutnya adalah membuat penawaran

Membuat penawaran

Cara negosiasi yang benar dan baik
Bid

Saat Anda membuat pebawaran pastikan Anda sudah tahu persis berapa harga pasar dari barang yang ingin Anda beli. Jagan terlalu murah dan atau melebihi harga pasar. Anda bisa mencaritahu harga pasarannya terlebih dahulu di internet atau situs jual beli seperti eBay, Amazon, Alibaba, dls.

Sebagai contoh Anda ingin membeli iPhone bekas dari si A misalnya. Maka cara yang benar dalam membuat penawaran adalah dengan melihat kondisi dari iPhone itu sendiri. Jika terdapat retak atau perlu di ganti komponen di dalamnya, maka Anda harus membuat penawaran dengan harga sebsar 50-70% lebih murah dari harga pasaran. Jika iPhone tersebut masih dalm keadaan baik, maka buatlah tawar dengan harga 30-50% lebih murah.

Anda bisa memberikan beberapa alasan kenapa Anda menawarnya dengan harga itu, misal retak, tidak punya cukup uang, atau apa lah yang penting masuk akal. Ketika proses tawar-menawar sudah berlarut, maka tahap selanjutnya adalah dengan menentukan harga pasti dari barang itu sendiri.

Menetukan harga untuk menentukan harga pasti dari barang yang sudah Anda tawar sebelumnya adalah dengan meminta harga 2-5% dari harga yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Selanjutnya tanyakan kepada si penjual apakah mau dengan harga yang sudah Anda minta.

Anda juga bisa meminta harga pasti yang tidak terlalu mahal jika Anda kurang berpengalaman. Namun sebaiknya Anda sudah mengeathui dengan pasti berapa harga yang pas untuk barang yang ingin Anda beli tersebut. Jika sudah sama-sama setuju, maka tahap selanjutnya adalah dengan membuat kesepakatan.

Membuat kesepakan

Cara Negosiasi yang benar
Deals illustration

Cara membuat kesepakatan yang di maksud adalah Anda bisa meminta garansi dalam waktu tertentu jika terjadi kerusakan yang tidak Anda lakukan. Jika perlu Anda bisa meminta untuk mengembalikan barang tersebut kepada si penjual. Namun resiko kerusakan tidak akan seberapa jika Anda sudah melakukan langkah yang pertama tadi. Hanya saja kesepakatan adalah untuk berjaga-jaga jika misalnya ada cacat yang tidak kasat mata. Jika sudah, maka selanjutnya adalah melakukan transaksi.

Melakukan transaksi

Cara ber-negosiasi yang baik dan benar
Transaction

Melakukan traksasi atau pemabayara dari baraang/produk yang sudah pasti Anda beli melalui negosiasi yang telah Anda lakukan di depan merupakan langkah terakhir yang harus di selesaikan.

Cara aman untuk melakukan transaksi/pemabayaran adalah dengan dengan sangat transaparan. Anda bisa mengajaknya ke tempat ramai, atau ke kafe agar lebih aman.

Demikian artikel tentang cara bernegosiasi yang benar dan baik dalam membeli, menawar, dan bertransaksi dalam ilmu jual-beli. Semoga artikel ini bermanfaat.

Ary Febryan
Seorang TKI muda asal Madura yang masih dalam proses sarjana S3 di Universitas Ketenagakerjaan Kuala Lumpur Malaysia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cara Mengetahui Potensi Diri Sendiri

Pernahkah kalian bertanya pada diri sendiri "apa potensi yang saya miliki?" "pekerjaan apa yang cocok untuk saya? "jurusan apa yang sesuai dengan...

Wisata Boekit Tinggi Daramista Sumenep nan Elok

Wisata Boekit Tinggi Daramista Sumenep nan Elok! Siapa bilang Sumenep hanya tersohor dengan wisata pulau dan pantainya? Kenyataannya, Sumenep juga terkenal dengan...

Wisata Pantai Lon Malang Sampang Madura

Wisata Pantai Lon Malang Sampang Madura! Jika Anda berkunjung ke Pulau Madura, jangan lupa untuk menengok keindahan salah satu tempat wisata yang...

Wisata Pantai Nepa dengan Pemandangan nan Asri

Wisata Pantai Nepa dengan Pemandangan nan Asri! Sebagian besar destinasi wisata yang dimiliki Pulau Madura ialah pantai. Ada banyak pantai yang terkenal...

Recent Comments